PROGRAM
STUDI D-IV KEBIDANAN
SEKOLAH
TINGGI ILMU KESEHATAN BINA PERMATA MEDIKA
Jl. Kutai Raya No.I Perumnas III
Bencongan Kec. Kelapa Dua -
Tangerang
Telp.(021)
55655372 Fax. (021) 55655378
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A.
Identitas
Mata Kuliah
1. Mata
kuliah :
Praktik Klinik Kebidanan III
2. Kode
Mata Kuliah : Bd. 309
3. Bobot
SKS : 8 SKS
4. Semester
: V
(Lima)
5. Prodi
:
DIII Kebidanan
6. Pokok
bahasan :
Pemasangan Infus
7. Pembimbing : Narmah Am, Keb
8. Pertemuan
: 2
9. Tempat
Praktik : RSUD
Tangerang
B.
Tujuan
Pembelajaran
1. Capaian
Pembelajaran
Pada
pertemuan ini akan membahas tentang pokok bahasan pemasangan infus pada pasien,
setelah menyelesaikan pokok bahasan ini mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan
praktek pemasangan infus pada pasien.
2. Kemampuan
Akhir yang diharapkan :
Setelah
mengikuti pembelajaran
ini diharapkan mahasiswa mampu melakukan praktek pemasangan infus pada pasien meliputi
persiapan alat, persiapan tempat, persiapan pasien, pelaksanaan tindakan,
evaluasi.
3. Indikator
Setelah
mengikuti pembelajaran
ini diharapkan mahasiswa dapat :
a. Mengerti
tentang pemasangan infus pada pasien sehingga mahasiswa dapat mempraktekkan
dengan benar.
b. Menjelaskan
tentang pemasangan infus pada pasien dan mahasiswa dapat mendeteksi kendala-kendala
apabila infus tidak dapat masuk ke pembuluh darah vena.
c. Menyebutkan
tujuan praktek pemasangan infus pada pasien, sehingga mahasiswa dapat
menerapkannya di ruang lingkup kerja atau masyarakat.
C.
Materi
Ajar
a.
Definisi kebutuhan
cairan dan elektrolit
b.
Sistem tubuh yang
berperan dalam kebutuhan cairan dan elektrolit
c.
Cara perpindahan cairan tubuh
d.
Pengaturan volume
cairan tubuh
e.
Jenis cairan
f.
Kebutuhan
elektrolit
g.
Pengaturan
elektrolit
h.
Jenis cairan
elektrolit
i.
Jenis asam basa
j.
Faktor yang
mempengaruhi kebutuhan cairan dan elektrolit
k.
Masalah-masalah
pada kebutuhan cairan dan elektrolit
l.
Proses keperawatan
kebutuhan cairan dan elektrolit
D.
Kegiatan
Belajar Mengajar
Tahap
|
Kegiatan Dosen
|
Kegiatan Mahasiswa
|
Media dan Alat
Pembelajaran
|
Pendahuluan
(10 Menit)
|
1. Mengucapkan
salam pembuka
2. Menginformasikan
pokok materi yang akan dibahas
3. Menjelaskan
tujuan pembelajaran ini
4. Melakukan
apresiasi berkaitan dengan materi yang akan disampaikan.
5. Menjelaskan
relevansi pokok bahasan ini dengan profesi kebidanan.
|
Menjawab salam
Memperhatikan
Memperhatikan
Memberikan
sumbang saran
Memperhatikan
|
-
Whiteboard
dan Spidol
White
board dan spidol
-
-
-
|
Penyajian
(40 Menit)
|
6. Menjelaskan
tentang definisi kebutuhan cairan dan elektrolit
a.
Menggali pengetahuan
mahasiswa tentang masa nifas
b.
Meminta tanggapan
keapda mahasiswa lain
c.
Memberi penguatan terhadap
jawaban mahasiswa
d.
Mengklarifikasi
jawaban mahasiswa
7. Menjelaskan
jenis cairan
a.
Menggali pengetahuan
mahasiswa tentang jenis cairan elektrolit.
b.
Meminta tanggapan
kepada mahasiswa lainnya
c.
Memberikan penguatan
atas jawaban yang telah diberikan mahasiswa.
d.
Mengklarifikasi
jawaban mahasiswa.
8. Menjelaskan
faktor yang mempengaruhi kebutuhan cairan dan elektrolit
a.
Mahasiswa mengerti tentang faktor yang mempengaruhi kebutuhan cairan dan elektrolit
b.
Meminta tanggapan
kepada mahasiswa lainnya
c.
Memberikan penguatan atas
jawaban yang telah diberikan mahasiswa.
d. Mengklarifikasi
jawaban mahasiswa.
e. Mengklarifikasi
jawaban mahasiswa
9. Menjelaskan
Masalah-masalah pada kebutuhan cairan dan elektrolit
a. Mahasiswa
mampu menjelaskan masalah-masalah pada kebutuhan cairan dan elektrolit.
b. Meminta
tanggapan kepada mahasiswa lainnya.
c. Memberikan
penguatan atas jawaban yang telah diberikan mahasiswa.
d. Mengklarifikasi
jawaban mahasiswa.
e. Mengklarifikasi
jawaban mahasiswa
10. Menjelaskan
proses keperawatan kebutuhan cairan dan elektrolit
a. Mahasiswa
mengerti tentang proses keperawatan kebutuhan cairan dan elektrolit
b. Meminta
tanggapan kepada mahasiswa lainnya.
c. Memberikan
penguatan atas jawaban yang telah diberikan mahasiswa.
d. Mengklarifikasi
jawaban mahasiswa.
e. Mengklarifikasi
jawaban mahasiswa.
|
Menjawab
pertanyaan
Sumbang
saran
Memperhatikan
Memperhatikan
Memberikan
sumbang saran
Memberikan
sumbang saran
Memperhatikan
Memperhatikan
Memberikan
sumbang saran
Memperhatikan
Memberikan
sumbang saran
Memperhatikan
Memperhatikan
Memperhatikan
Memberikan
sumbangan saran
Memperhatikan
Memberikan
sumbangan saran
Memperhatikan
Memperhatikan
Memberikan
sumbangan saran
Memperhatikan
Memberikan
sumbangan saran
Memperhatikan
|
Laptop,
LCD
Laptop,
LCD
Laptop,
LCD
Laptop,
LCD
Laptop,
LCD
|
|
11. Menjelaskan
tehnik pemasangan infus
|
|
|
|
12. Menjelaskan
persiapan pemasangan infus pada pasien
|
|
|
|
13. Langkah-langkah
pemasangan infus pada pasien
|
|
|
|
14. Menjelaskan
komunikasi, informasi dan edukasi dilakukan bagi pasien di rumah sakit
|
|
|
Penutup
(10 Menit)
|
15. Memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya mengenai materi yang telah
disampaikan.
16. Memberikan
kepada mahasiswa lain untuk menanggapi pertanyaan.
17. Memberikan
penguatan kepada mahasiswa.
18. Mengklarifikasi
jawaban mahasiswa
19. Mengevaluasi
materi yang telah disampaikan dengan cara memberikan pertanyaan kepada
mahasiswa
20. Memberikan
penguatan kepada mahasiswa
21. Menyimpulkan
secara singkat materi yang telah disampaikan.
22. Mengucapkan
salam penutup
|
Bertanya
Memberikan
sumbang saran
Memperhatikan
Memperhatikan
Menjawab
Pertanyaan
Memperhatikan
Memperhatikan
Menjawab
salam
|
-
-
-
-
-
-
-
-
|
E.
Instrumen
Evaluasi
1.
Teknik evaluasi : Dilakukan setelah
penyejian
2.
Bentuk instrument : Tes pada akhir
pembelajaran (Post Test)
3.
Instrument yang
digunakan : Soal Subjektif
F.
Sumber
Rujukan
1. Kozier,Erb,Berman,Snyder,2011.Buku
Ajar Fundamental Keperawatan Edisi 7 Volume 2. EGC: Jakarta
2. Mubarok,Chayatin,2008.Buku Ajar
Kebutuhan Dasar Manusia.EGC: Jakarta
Tangerang,
…………………….
Dosen
Pengampu
(Narmah,
Am. Keb)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar